Koneksi Antar Materi Modul 2.2
Koneksi Antar Materi Modul 2.2
Penulis : Hasriani
CGP A.7 Kab. Majene
- Penerapan pembelajaran
sosial-emosional berbasis kesadaran penuh dalam pengajaran eksplisit,
integrasi praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, serta penciptaan
iklim kelas dan budaya sekolah
- Strategi yang digunakan dalam
melatih 5 kompetensi sosial-emosional
- Cara untuk membangun konsitensi
diri dalam melaksanakan penerapan PSE berbasis KSE dengan guru dan tenaga
kependidikan.
- Bagi murid-murid
1) Memberikan kesempatan kepada
murid untuk menumbuhkan, melatih, dan merefleksi kompetensi sosial dan
emosional dengan mengintegrasikan 5 kompetensi sosial dan emosional dalam strategi
pembelajaran.
2) Menguatkan kesadaran diri dan
manajemen diri dengan melatih peserta didik secara rutin untuk membentuk
pribadi yang baik.
- Bagi rekan sejawat
1) Belajar menjadi teladan bagi
peserta didik dalam berelasi dengan warga sekolah.
2) Menerapkan strategi POOCH dalam
pengambilan keputusan bersama disetiap permasalahan yang dihadapi di sekolah.
Kaitan
pembelajaran sosial dan emosional dengan modul sebelumnya, yakni:
Menurut KHD, Pendidikan
bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang
ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang
setinggi-tingginya sebagai individu dan bermasyarakat. Keselamatan dan
kebahagiaan ini, berkaitan erat dengan kompetensi sosial-emosional, tentang
cara atau perilaku anak dalam bermasyarakat agar menemukan keselamatan dan kebahagiaan.
Selain itu, modul 1.1 juga sejalan
dengan modul 2.2 ini, tentang well-being yang merupakan kondisi seseorang saat
bersikap positif baik terhadap diri sendiri atau orang lain, dapat mengambil
keputusa sendiri, mengatur tingkah lakunya, memenuhi kebutuhan diri dengan
baik, berusaha mengeksplorasi dan mengembangkan diri demi meraih tujuan hidup
mereka yang lebih bermakna.
Pada pembelajaran sosial-emosional
yang berorientasi pada penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah juga sangat
erat kaitannya dengan modul 1.4 tentang budaya positif, dengan memberikan
kebiasaan-kebiasaan yang baik pada peserta didik akan membuat peserta lebih
merasa aman dan nyaman berada di sekolah, yang merupakan terwujudnya well-being di modul 2.2 ini.
Komentar
Posting Komentar