Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Aksi Nyata Modul 3.2

 

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan

Pendidikan Guru Penggerak

Aksi Nyata Modul 3.2

 

Penulis : Hasriani, S.Pd.

Unit Kerja : SMA Negeri 1 Malunda

CGP Angkatan 7, Kabupaten Majene Sulawesi Barat


Saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan dari pengalaman pada Aksi Nyata Modul 3.2 yang membahas tentang Coaching untuk Supervisi Akademik. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).

  1. Peristiwa

    Pada Aksi Nyata Modul 3.2,  saya melakukan diskusi dengan wakasek kesiswaan mengenai aset apa saja yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Malunda. Pada saat diskusi berlangsung, wakasek kesiswaan menyampaikan beberapa aset yang dimiliki, yaitu:

1)      Modal manusia

a.       Memiliki Guru ASN, PPPK, Sertifikasi, Guru Pascasarjana dan Sarjana, yang dapat menunjang proses pembelajaran di sekolah.

b.      Memiliki 1 fasilitator yang juga sudah menyelesaikan PGP rekognisi dan memiliki 1 guru penggerak

c.       SMA Negeri 1 Malunda juga memiliki pengawas yang secara aktif melakukan supervisi, untuk demi penguatan kompetensi guru.

2)      Modal Sosial

a.       Terdapat organisasi ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan potensi murid, seperti: OSIS, Pramuka, SPL, PMR, Sanggar, Literasi, MPK, Paskibra, ROHIS, UKS dan Olahraga

b.      Memiliki komite sekolah yang dapat mnejadi perwakilah orang tua murid secara umum di sekolah

3)      Modal fisik

a.       Memiliki ruang kelas, guru, kepsek dan TU, yang digunakan oleh semua waga sekolah

b.      Memiliki ruang perpustakaan mini

c.       Memiliki lapangan olahraga

4)      Modal Agama dan Budaya  

a.       Warga sekolah memiliki kebiasaan agamis dan religius

b.      Memiliki budaya untuk patuh dan taat pada tata tertib

c.       Memiliki organisasi ROHIS yang setiap jumat, berkolaborasi dengan guru-guru mengadakan sholat dhuha berjamaah.

5)      Modal Politik

a.       Warga sekolah bersikap menghargai pendapat orang lain, sehingga guru dan seluruh warga SMA Negeri 1 Malundamudah dalam menyampaikan pendapatnya

b.      Kebijakan sekolah dapat dijadikan sebagai rujukan

6)      Modal Lingkungan/Alam

a.       Memiliki alam yang cukup luas

b.      Memiliki sumber air yang baik dan lingkungan asri.

c.       Letaknya dekat dengan pemukiman warga

7)      Modal Finansial

a.       Memiliki Dana BOS sekolah, yanga dapat digunakan untuk keperluan sekolah sesuai aturan penggunaannya

Sedangkan, diskusi yang saya hasilkan dengan teman sejawat di ruang guru SMA Negeri 1 Malunda, yaitu:

1)      Modal manusia

a.       Memiliki kepala sekolah yang sudah Pascasarjana, bersertifikasi,dan bersikap tegas dengan empati yang tinggi.

b.      aMemiliki guru yang juga Pascasarjana dan bersertifikasi, berperan ganda yakni guru dan sekaligus tokoh agama di masyarakat, anggota komunitas jejak teduh yang dapat dijadikan sebagai pembina SPL, juga memiliki Guru Seni Tari dan Guru Bahasa Indonesia sebagai pembina sanggar.

c.       Kemampuan tenaga pendidik dalam administrasi dapat dijadikan sebagai fasilitator dalam membina administrasi organisasi, serta tendik yang memiliki keahlian IT dijadikan sebagai pembina fotografer di sekolah.

d.      Aset manusia dari peserta didik, memiliki alumni pesantren yang dijadikan sebagai ketua organisasi keagamaan/ROHIS dan memiliki siswa yang berbakat dalam seni dan sastra dijadikan sebagai pengurus sanggar, selain itu mantan pengurus OSIS dan Pramuka alumni SMP juga tetap aktif di SMA Negeri 1 Malunda

2)      Modal Sosial

a.       Memiliki jaringan PMR kabupaten yang juga berkontribusi dalam perkembangan peserta didik dengan menjadi pemateri di SMA Negeri 1 Malunda

b.      Sanggar seni Puccaqna SMA Negeri 1 Malunda 

c.       Komunitas belajar setiap mata pelajaran

d.      MGMP yang sebagian sudah aktif dan sebagian masih fakum pascapandemi

3)      Modal fisik

a.       Di luar lingkungan sekolah terdapat pabrik warga yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran

b.      Fasilitas wifi yang memudahkan mencari dan mendapatkan informasi

c.       Lapangan sepak bola kelurahan Malunda tidak jauh dari sekolah, yang juga terkadang dijadikan tempat latihan olahraga

d.      SMA Negeri 1 Malunda memiliki lapangan volly

4)      Modal Agama dan Budaya  

a.       Memiliki budaya metaweq dan mepuang

b.      Memiliki organisasi ROHIS dalam kegiatan keagamaan

c.       Kegiatan literasi yang mengangkat budaya daerah

5)      Modal Politik

a.       Kunjungan pejabat daerah dengan memberikan bantuan PIP

b.      Kerja sama dengan pemerintah desa dalam sosialisasi PPDB

c.       Kewenangan kepala sekolah dalam mengambil keputusan di sekolah

d.      Kewenangan komite sekolah dalam menjalin kerja sama dengan tokoh masyarakat untuk menyukseskan kegiatan sekolah

6)      Modal Lingkungan/Alam

d.      Dengan dengan pantai yang bebatuan putihnya dipakai untuk memperindah penataan lingkungan sekolah

e.       Dekat dengan lahan warga yang dijadikan sebagai tempat praktik pupuk organik hasil dari proyek P5

f.       Letaknya dekat dengan pemukiman warga

7)      Modal Finansial

b.      Memiliki Dana BOS sekolah, yanga dapat digunakan untuk keperluan sekolah sesuai aturan penggunaannya

c.       Tabungan akhirat untuk pembanguan mushollah, berupa sumbangan dari warga sekolah, orang tua murid dan sekitar kompleks SMA Negeri 1 Malunda.

 




 

  1. Feeling ( Perasaan )

Perasaan saya setelah melakukan aksi nyata ini, saya merasa senang karena banyak mendapatkan informasi mengenai aset sekolah/daerah yang dapat dijadikan penunjang perbaikan pendidikan di Malunda secara umum.

  1. Finding ( Pembelajaran )

Pembelajaran yang saya dapatkan bahwa banyak aset yang dapat kita gunakan dalam pembelajaran di sekolah, tidak hanya aset yang berada dilingkungan sekolah, tetapi juga di luar SMA Negeri 1 Malunda. Sehingga, memperluar wawasan dan dapat mempertimbangkan aset tersebut dalam pembelajaran yang saya lakukan

  1. Future ( Penerapan )

Saya akan memaksimalkan penggunaan aset yang kami miliki dalam setiap program atau kegiatan. Sehingga, kesulitan-kesluitan yang selama ini kita temuai dapat diringankan dari kekuatan-kekuatan dari aset tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.3

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Pendidikan Guru Penggerak Modul 2.1

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3