Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Aksi Nyata Modul 3.2
Jurnal
Refleksi Dwi Mingguan
Pendidikan
Guru Penggerak
Aksi
Nyata Modul 3.2
Penulis : Hasriani, S.Pd.
Unit Kerja : SMA Negeri 1 Malunda
CGP Angkatan 7, Kabupaten Majene Sulawesi Barat
Saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan dari pengalaman pada Aksi Nyata Modul 3.2 yang membahas tentang Coaching untuk Supervisi Akademik. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).
- Peristiwa
Pada Aksi Nyata Modul 3.2, saya melakukan diskusi dengan wakasek
kesiswaan mengenai aset apa saja yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Malunda. Pada
saat diskusi berlangsung, wakasek kesiswaan menyampaikan beberapa aset yang
dimiliki, yaitu:
1)
Modal manusia
a.
Memiliki Guru ASN, PPPK, Sertifikasi,
Guru Pascasarjana dan Sarjana, yang dapat menunjang proses pembelajaran di
sekolah.
b.
Memiliki 1 fasilitator yang juga sudah
menyelesaikan PGP rekognisi dan memiliki 1 guru penggerak
c.
SMA Negeri 1 Malunda juga memiliki
pengawas yang secara aktif melakukan supervisi, untuk demi penguatan kompetensi
guru.
2)
Modal Sosial
a.
Terdapat organisasi ekstrakurikuler
yang dapat mengembangkan potensi murid, seperti: OSIS, Pramuka, SPL, PMR,
Sanggar, Literasi, MPK, Paskibra, ROHIS, UKS dan Olahraga
b.
Memiliki komite sekolah yang dapat
mnejadi perwakilah orang tua murid secara umum di sekolah
3)
Modal fisik
a.
Memiliki ruang kelas, guru, kepsek dan
TU, yang digunakan oleh semua waga sekolah
b.
Memiliki ruang perpustakaan mini
c.
Memiliki lapangan olahraga
4)
Modal Agama dan Budaya
a.
Warga sekolah memiliki kebiasaan agamis
dan religius
b.
Memiliki budaya untuk patuh dan taat
pada tata tertib
c.
Memiliki organisasi ROHIS yang setiap
jumat, berkolaborasi dengan guru-guru mengadakan sholat dhuha berjamaah.
5)
Modal Politik
a.
Warga sekolah bersikap menghargai
pendapat orang lain, sehingga guru dan seluruh warga SMA Negeri 1 Malundamudah
dalam menyampaikan pendapatnya
b.
Kebijakan sekolah dapat dijadikan
sebagai rujukan
6)
Modal Lingkungan/Alam
a.
Memiliki alam yang cukup luas
b.
Memiliki sumber air yang baik dan
lingkungan asri.
c.
Letaknya dekat dengan pemukiman warga
7)
Modal Finansial
a.
Memiliki Dana BOS sekolah, yanga dapat
digunakan untuk keperluan sekolah sesuai aturan penggunaannya
Sedangkan, diskusi yang saya hasilkan dengan teman sejawat di ruang guru
SMA Negeri 1 Malunda, yaitu:
1)
Modal manusia
a.
Memiliki kepala sekolah yang sudah
Pascasarjana, bersertifikasi,dan bersikap tegas dengan empati yang tinggi.
b.
aMemiliki guru yang juga Pascasarjana
dan bersertifikasi, berperan ganda yakni guru dan sekaligus tokoh agama di masyarakat,
anggota komunitas jejak teduh yang dapat dijadikan sebagai pembina SPL, juga memiliki
Guru Seni Tari dan Guru Bahasa Indonesia sebagai pembina sanggar.
c.
Kemampuan tenaga pendidik dalam
administrasi dapat dijadikan sebagai fasilitator dalam membina administrasi
organisasi, serta tendik yang memiliki keahlian IT dijadikan sebagai pembina
fotografer di sekolah.
d.
Aset manusia dari peserta didik,
memiliki alumni pesantren yang dijadikan sebagai ketua organisasi keagamaan/ROHIS
dan memiliki siswa yang berbakat dalam seni dan sastra dijadikan sebagai
pengurus sanggar, selain itu mantan pengurus OSIS dan Pramuka alumni SMP juga
tetap aktif di SMA Negeri 1 Malunda
2)
Modal Sosial
a.
Memiliki jaringan PMR kabupaten yang juga
berkontribusi dalam perkembangan peserta didik dengan menjadi pemateri di SMA
Negeri 1 Malunda
b.
Sanggar seni Puccaqna SMA Negeri 1
Malunda
c.
Komunitas belajar setiap mata pelajaran
d.
MGMP yang sebagian sudah aktif dan
sebagian masih fakum pascapandemi
3)
Modal fisik
a.
Di luar lingkungan sekolah terdapat
pabrik warga yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran
b.
Fasilitas wifi yang memudahkan mencari
dan mendapatkan informasi
c.
Lapangan sepak bola kelurahan Malunda
tidak jauh dari sekolah, yang juga terkadang dijadikan tempat latihan olahraga
d.
SMA Negeri 1 Malunda memiliki lapangan
volly
4)
Modal Agama dan Budaya
a.
Memiliki budaya metaweq dan mepuang
b.
Memiliki organisasi ROHIS dalam
kegiatan keagamaan
c.
Kegiatan literasi yang mengangkat
budaya daerah
5)
Modal Politik
a.
Kunjungan pejabat daerah dengan
memberikan bantuan PIP
b.
Kerja sama dengan pemerintah desa dalam
sosialisasi PPDB
c.
Kewenangan kepala sekolah dalam
mengambil keputusan di sekolah
d.
Kewenangan komite sekolah dalam
menjalin kerja sama dengan tokoh masyarakat untuk menyukseskan kegiatan sekolah
6)
Modal Lingkungan/Alam
d.
Dengan dengan pantai yang bebatuan
putihnya dipakai untuk memperindah penataan lingkungan sekolah
e.
Dekat dengan lahan warga yang dijadikan
sebagai tempat praktik pupuk organik hasil dari proyek P5
f.
Letaknya dekat dengan pemukiman warga
7)
Modal Finansial
b.
Memiliki Dana BOS sekolah, yanga dapat
digunakan untuk keperluan sekolah sesuai aturan penggunaannya
c.
Tabungan akhirat untuk pembanguan
mushollah, berupa sumbangan dari warga sekolah, orang tua murid dan sekitar kompleks
SMA Negeri 1 Malunda.
- Feeling (
Perasaan )
Perasaan saya setelah melakukan
aksi nyata ini, saya merasa senang karena banyak mendapatkan informasi mengenai
aset sekolah/daerah yang dapat dijadikan penunjang perbaikan pendidikan di
Malunda secara umum.
- Finding
( Pembelajaran )
Pembelajaran yang saya dapatkan
bahwa banyak aset yang dapat kita gunakan dalam pembelajaran di sekolah, tidak
hanya aset yang berada dilingkungan sekolah, tetapi juga di luar SMA Negeri 1
Malunda. Sehingga, memperluar wawasan dan dapat mempertimbangkan aset tersebut
dalam pembelajaran yang saya lakukan
- Future
( Penerapan )
Saya akan memaksimalkan
penggunaan aset yang kami miliki dalam setiap program atau kegiatan. Sehingga,
kesulitan-kesluitan yang selama ini kita temuai dapat diringankan dari
kekuatan-kekuatan dari aset tersebut.
Komentar
Posting Komentar